mirrorlesstimes.com

Cara Mengatasi Masalah AC Mobil

cara mengatasi masalah ac mobil

Pertanyaan tentang cara mengatasi masalah AC mobil telah ditanyakan berkali-kali tetapi kebanyakan orang tidak tahu apa yang ada di balik pemasangan dan perawatan mobil AC. Jika Anda akan melakukan pekerjaan AC di mobil Anda, maka Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang cara memasang dan memelihara sistem pendingin udara. Ini berarti Anda perlu mengetahui di mana AC Anda dipasang, mengapa dipasang dan bagaimana cara mengontrolnya. Ini juga berarti Anda perlu tahu bagaimana AC dikendalikan. Hanya dengan sedikit informasi dan latihan Anda dapat dengan mudah mempelajari cara memperbaiki AC mobil sendiri tanpa harus membayar siapa pun untuk mengajari Anda.

Cara Mengatasi Masalah AC Mobil

cara mengatasi masalah ac mobil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu di mana sistem ac Anda dipasang. Ada tiga bagian utama yang membentuk sistem pengkondisian udara, yaitu kompresor, kondensor dan evaporator. Sekarang setelah Anda memahami konstruksi dasar dan komponennya, ada baiknya mempelajari cara mengatasi masalah AC, terutama jika pernah rusak. Komponen dasar dari unit pendingin udara adalah kompresor, kondensor dan evaporator. Kompresor bertanggung jawab untuk memompa air, pendingin dan gas melalui sistem dan mengubah suhunya. Hal ini pada gilirannya mengurangi tekanan dalam pendingin, yang memaksanya melalui evaporator di mana ia mendinginkan udara yang masuk dan mengembunkannya kembali menjadi air dan udara lagi.

Kondensor bertanggung jawab untuk menciptakan aliran air ke evaporator. Komponen terakhir adalah evaporator, yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan panas dari AC yang dipanaskan dan mentransfernya ke sistem pendingin udara melalui serangkaian pipa dan ventilasi. Mempelajari cara mengatasi masalah AC mobil sendiri sangat mudah jika Anda memiliki alat yang tepat. Dengan pengetahuan yang benar, Anda dapat dengan mudah mempelajari cara memperbaiki sendiri sistem pendingin udara Anda.

Yang paling penting untuk dipahami tentang kompresor adalah bahwa itu adalah jantung dari sistem ac mobil Anda. Ini mendistribusikan pendingin antara berbagai bagian AC dan umumnya terletak dekat dengan mesin. Jika kompresor tidak bekerja dengan baik maka akan membuat semua bagian lainnya kesulitan. Pada dasarnya ada 3 hal yang dilakukan kompresor; itu memompa air, pendingin dan gas melalui sistem.

Jika kompresor tidak bekerja dengan benar, Anda perlu menemukan masalahnya dan memperbaikinya. Salah satu masalah umum dengan kompresor adalah tekanan berlebih. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah masalah, seperti terlalu banyak cairan pendingin yang dipompa, perawatan yang buruk, dan bahkan filter yang kotor. Untuk cara mengatasi masalah AC mobil, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa kompresor dirawat dengan baik dan semua filter diganti secara teratur.

Jika refrigeran tidak mengalir dengan baik atau bocor dari kompresor maka Anda memiliki masalah lain. Ini dikenal sebagai kondensasi tekanan tinggi. Hal ini disebabkan oleh refrigeran bertekanan tinggi yang keluar ke saluran pendingin. Untuk memperbaiki ini, Anda harus meningkatkan tekanan di saluran untuk menghentikan kebocoran atau mengganti batang katup bertekanan tinggi dengan yang bertekanan lebih rendah.

Jika kompresor mengeluarkan suara keras, Anda mungkin harus memeriksa kipas pendingin. Mereka mungkin menyebabkan kebocoran refrigeran. Kipas pendingin harus diganti dengan yang berperingkat untuk suhu yang lebih dingin. Jika Anda masih mendengar suara keras, maka kipas pendingin Anda mungkin tidak berputar dengan benar – dalam hal ini Anda harus berkonsultasi dengan mekanik. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, maka Anda dapat memeriksa sendiri apakah kipas itu aus dan menggantinya.

Jika lemari es/freezer Anda menyebabkan kebocoran maka Anda perlu menyedot cairan pendingin. Untuk melakukan ini, Anda harus membuka jendela udara panas dan meletakkan wadah di bawahnya. Kemudian tutup jendela. Saat pendingin mengalir ke dalam mobil, Anda harus meniup Freon dari pendingin melalui tabung.