Kedatangan Ducati DesertX, Pasar Moge Adventure Indonesia Tambah Seru

BeritaSeleb.my.id – Pabrikan sepeda motor premium Ducati pada Jumat (18/11) mengumumkan peluncuran produk baru mereka, Ducati DesertX. Ducati DesertX adalah motor berjenis offroad, yang secara segmen motor gede (moge) ini akan bersaing dengan Honda Africa Twin, Aprilia Tuareg 660, KTM Adventure 790 dan banyak lagi.

Dilengkapi dengan roda depan 21 inci dan belakang 18 inci, DesertX baru diklaim telah dirancang untuk mengatasi medan off-road yang paling berat sekalipun. Pengembangan yang dilakukan berfokus pada off-road dan disesuaikan dengan performa motor jalan raya Ducati.

Chief Operating Officer Ducati Indonesia, Eja Donalsha menerangkan, dengan diluncurkan nya produk DesertX pihaknya yakin akan menjadi acuan baru sepeda motor offroad maupun adventure di segmen premium Indonesia.

“Kemampuan DesertX menjelajah sudah kami buktikan dengan mencoba nya melintasi area Bromo, Jawa Timur. DesertX akan menjadi tulang punggung penjaualan Ducati Indonesia di tahun 2023 nanti, dan DesertX kami jual dengan harga Rp 575 juta off the road,” ujarnya di Jakarta.

Secara look, desain DesertX mewakili interpretasi kontemporer dari garis sepeda motor Enduro tahun 80-an, yang dibuat oleh Ducati Centro Stile sesuai dengan kriteria esensialitas serta daya tahan. Visual motor ini terdiri dari tita elemen makro, bentuk keseluruhan terlihat unik yang mencakup tangki dan pelindung samping, jok dan kaca depan yang menyatu dengan lampu utama ganda yang khas semakin memperkuat keunikan motor ini.

Selain itu, penekanan gaya diberikan dengan penggunaan aksen berwarna hitam dan putih. Permukaan yang bersentuhan dengan pengendara dibuat berukuran besar agar terhubung secara harmonis yang mana dapat mendukung seluruh kegiatan berkendara offroad dengan lebih baik.

Pilihan dalam hal sasis menjadikan DesertX motor yang mudah dikendarai dan mampu memberikan rasa & keamanan yang tepat pada permukaan apa pun. Selain itu, DesertX baru memiliki kemampuan yang baik untuk menangani jalan yang tidak rata atau rusak.

Kemampuan untuk melakukan perjalanan panjang didukung oleh kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 21 liter, serta jika diinginkan dapat ditambahkan tangki ekstra (dijual sebagai aksesoris) sebesar delapan liter pada bagian belakang motor.

Pada bagian dapur pacu, moge adventure ini dibekali mesin Testastretta 937 cm3 berkatup Desmodromic Testastretta 11 derajat dan berpendingin cairan adalah inti dari DesertX baru. Mesin ini disebut memiliki karakter dalam keandalan yang sangat baik, mesin ini menghasilkan 110 hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5.

Mesin ini memiliki semua pengembangan yang sudah dilakukan terlebih dahulu pada Monster dan Multistrada V2, termasuk kopling 8-bilah yang sangat ringan dan ringkas. Transmisi pada mesin ini dilengkapi dengan gear set yang memiliki bantalan untuk mengurangi gesekan serta meningkatkan kepresisian dan kehalusan saat melakukan perpindahan gigi.

Untuk menawarkan performa terbaik dalam berkendara off-road dan dalam berbagai penggunaan, Testastretta 11 derajat telah dioptimalkan secara khusus. Faktanya, transmisi ini memiliki rasio khusus yang berbeda dengan Multistrada V2. Rasio pada transmisi ini telah dipersingkat secara keseluruhan pada semua gigi hingga gigi kelima, untuk memastikan penyaluran tenaga yang baik dalam kondisi offroad.

Gigi pertama dan kedua, khususnya, jauh lebih pendek, untuk memfasilitasi fase mengemudi kecepatan rendah pada lintasan tertentu khas penggunaan offroad. Gigi keenam cukup panjang untuk memfasilitasi penanganan di jalan raya sambil mempertahankan putaran mesin pada RPM rendah; hal ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan tingkat kenyamanan yang meningkat.

Sumber:www.jawapos.com